Apa Itu SEO
Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu #SEO (Search Engine Optimization).
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada
sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah
halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.
Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian
Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor
potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci
di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang
berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang
teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4)
biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan
website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian. Perlu kita
perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi
dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di
urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website
yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar,
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?
Semua bisnis pasti harus punya profit,
right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan
perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun
melalui internet marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa
halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan
mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari
Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan
benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari
website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda.
Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan
bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika
mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi
bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika
mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu
menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan
besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci
yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus
menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan
jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon
pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek.
Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan
intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara
untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah
dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari
informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google
dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan
besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi
berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka
website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara
otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna
internet.
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia
mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media
periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor
ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia
bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon
customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita
mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus
untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan
customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi
teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data
customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan
layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya
layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat
SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang
paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi
bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda
akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin
pencari.
1. Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:- Riset keywords, untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
- Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
- Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
- Menambahkan description yang relevan dengan website
- Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
- Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
- Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
- Mengatur navigasi website sebaik mungkin
- Membangun internal links
- Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
- Dan lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi
website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman
website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi
dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara
membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang
dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan
popularitas sebuah website di internet antara lain:
- Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
- Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
- Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
- Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
- Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
- Links dari website yang menerima guest blogger
- Dan lain-lain
Di atas tadi adalah penjelasan
singkat apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi
website bisnis Anda. Optimasi website di mesin pencari adalah proses
yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine (terutama
Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan
website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik. Semoga artikel
ini bermanfaat.
Comments
Post a Comment